Waspadai Penyebab Tidur Terlalu Lama dan Cara Mengatasinya 

Pernahkah kamu mengalami  tidur melebihi jam normal? Atau merasa telah tidur cukup namun masih saja mengantuk? Hal ini bisa saja termasuk gangguan tidur atau oversleeping. Ada beberapa penyebab tidur terlalu lama yang perlu kamu ketahui.

Pasalnya, tidur terlalu lama akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, tidur terlalu lama akan mengakibatkan gangguan kesehatan. Oleh karenanya, mari simak pembahasan berikut untuk mencari tahu penyebab serta cara mengatasi masalah ini!

Mengenal Oversleeping atau Tidur Terlalu Lama

Oversleeping atau tidur terlalu lama didefinisikan sebagai tidur lebih dari sembilan jam dalam 24 jam. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam per harinya. Tidur dengan waktu cukup dapat meningkatkan kesehatan. 

Kekurangan tidur akan membuat tubuh lesu dan tidak bisa fokus. Hal ini tentunya akan mempengaruhi aktivitas. Namun, tidur terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Hal ini perlu diperhatikan, sebab jika kamu merasa telah tidur lebih dari jumlah normal, itu berarti kamu mengalami tidur terlalu lama.

Penyebab Tidur Terlalu Lama

Tidur terlalu lama dapat terjadi ketika kamu mencoba untuk membayar hutang tidur di hari sebelumnya. Ini bisa diartikan ketika kamu begadang untuk menyelesaikan sesuatu. Sehingga di hari libur kamu membutuhkan waktu tidur yang lebih lama dari biasanya.

Selain itu, tidur terlalu lama juga dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi kesehatan. Berikut ini ada beberapa penyebab tidur terlalu lama yang perlu kamu ketahui:

  1. Sleep apnea

Sleep apnea dapat menyebabkan berhenti bernafas saat tidur untuk sementara waktu. Akibatnya, kamu mendengkur dan tersedak di malam hari dan menyebabkan rasa kantuk di siang hari. Sehingga untuk menebus kekurangan tidur, kamu akan mencoba untuk tidur lebih lama di malam hari dan menyebabkan tidur berlebihan.

  1. Narcolepsy

Narcolepsy adalah gangguan saraf yang dapat menyebabkan rasa kantuk berlebihan di siang hari dan dapat menyebabkan penderitanya tertidur secara tiba-tiba tanpa mengenal tempat dan waktu. Sehingga gangguan saraf ini dapat membuat penderitanya tidur terlalu lama atau melebihi jam tidur normal.

  1. Hipersomnia idiopatik

Gangguan tidur hipersomnia idiopatik ditandai dengan kesulitan bangun, kantuk yang berlebihan, dan ketidakmampuan untuk merasa beristirahat setelah tidur di malam hari atau tidur di siang hari. Penderita gangguan tidur ini dapat tidur sebanyak 14 hingga 18 jam sehari.

Jika kamu mengalami gangguan tidur ini, maka perlu mengubah gaya hidup. Misalnya membatasi alkohol dan menghindari aktivitas larut malam.

  1. Depresi dan anxiety

Depresi dan gangguan kecemasan dapat menyebabkan gangguan tidur atau gangguan kesehatan lainnya. Baik tidur berlebihan maupun sulit tidur adalah efek dari depresi. Remaja dan orang dewasa dengan depresi kemungkinan besar mengalami rasa kantuk yang berlebihan.

Akibat Tidur Terlalu Lama bagi Tubuh

Tidur terlalu lama atau berlebihan sangat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan dan memiliki efek negatif. Berikut sejumlah akibat dari tidur terlalu lama yang perlu kamu ketahui:

  1. Memperburuk kondisi peradangan dalam tubuh.
  2. Dapat menyebabkan penyakit kronis.
  3. Obesitas.
  4. Penyakit jantung koroner.
  5. Gangguan mental.
  6. Diabetes
  7. Stroke.

Cara Mengatasi Tidur Terlalu Lama

Tidur terlalu lama tentunya bisa kamu atasi dengan menerapkan beberapa tips tidur yang sehat untuk meningkatkan kualitas tidur. Berikut cara mengatasi tidur telalu lama yang bisa kamu coba:

  1. Mengatur jadwal tidur teratur

Memiliki waktu tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat menghindari kurang tidur dan utang tidur. Hal ini akan membuat tubuh kamu terbiasa tidur dengan waktu yang cukup dan tidur dengan teratur.

  1. Membuat rutinitas waktu tidur

Rutinitas kamu akan membantu untuk rileks ketika bersiap untuk tidur. Hindari cahaya dari elektronik pada jam-jam sebelum waktu tidur. Sebab cahaya ini dapat menunda waktu tidur.

  1. Mempertimbangkan lingkungan tidur

Kamar tidur kamu harus bersuhu sejuk dan bebas dari cahaya dan kebisingan berlebih.

  1. Menjaga tubuh agar tetap aktif

Olahraga harian dan paparan sinar matahari dapat membuat kamu tidur nyenyak di malam hari. Namun hindari olahraga berlebihan menjelang waktu tidur.

  1. Tidur siang lebih awal

Tidur siang di sore hari bisa membuat kamu sulit tidur tepat waktu di malam hari.

Itulah penyebab tidur terlalu lama dan cara mengatasi permasalahan tersebut yang dapat kamu coba terapkan. Tidak ada salahnya untuk mengetahui permasalahan tidur yang sedang kamu alami untuk dapat segera mengatasinya. Miliki waktu tidur cukup untuk kehidupan yang lebih produktif dan lebih baik. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.