Menakjubkan! Inilah Ragam Manfaat Tea Tree Oil Untuk Kulit!

Sudah bukan rahasia lagi jika manfaat tea tree oil bagus untuk kulit. Selain itu, tea tree oil banyak digunakan untuk dalam kosmetik, produk rumah tangga, atau obat-obatan. Sebab bahan kimia yang terdapat dalam tea tree oil dapat membunuh jamur, bakteri, dan tungau, serta dapat mengurangi reaksi alergi pada kulit.

Selain itu, ternyata masih banyak manfaat tea tree oil bagi kulit  dan tubuh yang bisa kamu rasakan. Oleh karenanya, kamu dapat menemukan berbagai perawatan wajah dan kulit yang mengandung tea tree oil. Bagi kamu yang belum mengetahui manfaat menakjubkan dari tea tree oil, simak pembahasan ini sampai selesai!

Mengenal Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan salah satu jenis minyak esensial yang didapatkan dengan cara penyulingan tanaman asli Australia, yaitu melaleuca alternifolia. Tea tree oil dapat digunakan untuk mengobati kondisi dan gejala yang mempengaruhi kulit, kuku, dan rambut.

Minyak esensial ini juga dapat digunakan sebagai deodorant, pengursir serangga, hingga obat kumur. Tea tree oil dapat mengobati kondisi kulit tertentu atau memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

Kandungan Tea Tree Oil

Banyaknya manfaat tea tree oil pastinya karena kandungan yang terdapat dalam minyak esensial tersebut. Tea tree oil memiliki kandungan sepert eucalyptol, terpinen-4-ol, nerolidol, viridiflorol, cineole, dan 1,8-cineole.

Salah satu kandungan minyak tersebut yakni terpinen-4-ol dapat membunuh jamur, bakteri, dan virus. Selain itu juga dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih dalam menangkal bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

Manfaat Tea Tree Oil

Kandung dalam tea tree oil membuat minyak esensial ini memiliki segudang manfaat. Kamu bisa menggunakan minyak tersebut untuk merasakan manfaatnya. Sebelum menggunakannya, kamu harus mengetahui manfaat apa saja yang terdapat dalam tea tree oil. Berikut manfaat tea tree oil yang bisa kamu dapatkan:

  1. Antibacterial

Tea tree oil telah digunakan hampir 100 tahun sebagai pengobatan untuk membantu penyembuhan di Australia, terutama untuk kondisi kulit. Minyak esensisal ini paling dikenal karena aktivitas antibakterinya. Aktivitas antimikroba spectrum terkait dengan minyak yang berasal dari kemampuannya untuk merusak dinding sel bakteri. Sehingga mampu digunakan sebagai antibakteri. 

  1. Anti inflmasi

Tea tree oil dapat membantu mengatasi peradangan karena mengandung konsentrasi tinggi terpinen-4-ol dengan sifatr anti-inflamasi. Minyak esensial ini dapat mengurangi pembengkakan pada peradangan kulit yang diinduksi histamine dengan cara dioleskan pada area pembengkakan. Tea tree oil lebih efektif daripada minyak paraffin.

  1. Antifungal

Tea tree oil memiliki kemampuan untuk membunuh jamur. Misalnya jamur candida albicans merupakan sejenis jamur yang menyerang kulit, alat kelamin, tenggorokan, dan mulut. Selain itu, kandungan terpinen-4-o pada tea tree oil dapat meningkatkan aktivitas flukonazol, obat anti jamur yang umum.

  1. Mengatasi jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit paling umum yang dialami oleh kebanyakan orang. Jerawat dapat diatasi dengan penggunaan skincare atau kosmetik yang mengandung tea tree oil. Minyak esensial ini dapat mengatasi jerawat karena kandungan antiradang dan antimikroba didalamnya. Kamu dapat menggunakan facial foam, pelembab, atau obat jerawat yang mengandung tea tree oil.

  1. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak merupakan bentuk eksim yang disebabkan oleh kontak dengan allergen atau iritan. Tea tree oil memiliki kemampuan dalam menekan dermatitis kontak alergi daripada perawatan lain. Namun tidak berpengaruh pada dermatitis kontak iritan. Perlu diingat bahwa tea tree oil dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi pada beberapa orang. 

  1. Mengatasi ketombe

Kotembe ringan hingga sedang berhubungan dengan jamur pityrosporum ovale yang dapat diobati dengan tea tree oil. Menggunakan minyak esensial ini dapat mengurangi ketombe. Permasalahan kulit satu ini memang tidak berbahaya, namun dapat menggangu penampilan. Tea tree oil digunakan untuk mengurangi ketombe yang berkaitan dengan sifat anti jamurnya.

  1. Mengatasi jamur kuku

Infeksi jamur adalah penyebab umum timbulnya kelainan pada kuku. Tea tree oil terbukti lebih efektif dalam menghilangkan jamur kuku. Kamu bisa menggunakan tea tree oil untuk mengatasi jamur kuku sehingga bisa lebih percaya diri.

Itulah beberapa manfaat tea tree oil yang bisa kamu rasakan. Tidak ada salahnya untuk menggunakan tea tree oil sebagai salah satu perawatan kulit kamu mulai dari sekarang. Permasalahan kulit dapat hilang dengan menggunakan tea tree oil dan tentunya hal ini bisa membuat kamu lebih percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.