Ketahui Pentingnya Fungsi Bronkiolus Pada Sistem Pernapasan

Bronkiolus merupakan bagian kecil dalam paru-paru dan merupakan salah satu bagian penting dalam sistem pernapasan manusia adalah bronkiolus. Sebelum mengetahui fungsi bronkiolus, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai sistem pernapasan manusia.

Dalam pernapasan, setelah udara masuk melalui hidung, kemudian udara akan melewati berbagai organ pernapasan atas lalu turun menuju paru-paru. Organ yang menghubungkan saluran atas dan bawah disebut trakea atau batang tenggorokan yang berbentuk seperti huruf ‘Y’ terbalik.

Cabang trakea tersebut disebut bronkus yang berjumlah dua, kemudian masing-masing akan masuk ke paru-paru kanan dan kiri. Bronkus memiliki cabang-cabang kecil, percabangan itulah yang disebut sebagai bronkiolus.

Struktur Bronkiolus

Bronkiolus memiliki ukuran yang kecil, sekitar 0.3 mm – 1 mm dan merupakan organ pernapasan bagian bawah. Terdapat tiga macam bronkiolus dalam paru-paru, yaitu:

  1. Bronkiolus lobular, merupakan saluran besar yang memasuki lobus paru-paru pertama kali
  2. Bronkiolus respiratori, bagian yang mengantarkan udara menuju alveolus
  3. Bronkiolus terminal, terdapat 50-80 saluran kecil sebagai tempat transit udara

Berikut adalah struktur bronkiolus yang perlu kamu ketahui:

  • Elastin

Organ bronkiolus sangat bergantung pada kumpulan serat protein yang disebut elastin. Elastin berfungsi mempertahankan bentuk bronkiolus supaya tetap berada dalam jaringan paru-paru.

  • Lamina dan propria

Lamina dan propria merupakan lapisan tipis yang dikelilingi lapisan otot polos. Cara kerja lapisan ini yaitu berkontraksi ketika aliran darah berkurang , kemudian akan melebar ketika aliran darah meningkat.

  • Silia

Silia merupakan lapisan pada dinding bronkiolus yang berbentuk tonjolan kecil seperti jari. Silia adalah organ sel yang berfungsi mengeluarkan mikroba atau partikel kecil yang mengganggu saluran udara. Kepadatan silia dapat berkurang jika bronkiolus semakin bercabang dan ukurannya semakin kecil.

  • Sel klub

Lapisan sel klub berfungsi mengeluarkan surfaktan. Surfaktan merupakan senyawa yang dapat mengurangi tegangan permukaan pada saluran pernapasan. Sel klub juga berfungsi sebagai sekresi enzim untuk memecah debris dan iritan sehingga dapat segera keluar dari paru-paru.

Fungsi Bronkiolus pada Sistem Pernapasan Manusia

Berikut adalah beberapa fungsi bronkiolus yang harus kamu ketahui:

  • Membawa udara kaya oksigen menuju kantung udara (alveolus)
  • Mendorong keluar udara yang berisi karbondioksida dari paru-paru
  • Memastikan udara yang kaya oksigen telah dialirkan ke dalam tubuh secara optimal

Terdapat otot polos yang mengelilingi bronkiolus yang dapat menyempitkan dan melebarkan saluran udara sehingga dapat membantu mendapatkan jumlah oksigen yang tepat ke dalam darah.

Gangguan pada Fungsi Bronkiolus

Bronkiolus juga dapat mengalami berbagai kondisi dan gangguan seperti organ paru-paru lainnya yang dapat memicu penyakit pernapasan, berikut diantaranya:

  • Bronkokonstriksi

Dalam bronkiolus terdapat jaringan otot halus yang memungkinkan untuk terbuka dan tertutup sesuai kebutuhan dan rentan terhadap pengaruh lingkungan. Oleh karena itu, bagian ini dapat berkontraksi terlalu kencang pada kondisi tertentu. 

Pada kasus tertentu, saluran napas ini dapat menyempit secara permanen. Kondisi inilah yang disebut bronkokonstriksi, yaitu penyempitan saluran pernapasan yang dapat memicu kesulitan bernapas. Faktor yang memicu bronkokonstriksi adalah asap rokok, udara dingin, asap beracun hingga alergi.

  • Bronkiolitis

Merupakan peradangan pada bronkiolus yang sering terjadi pada anak usia 3-6 bulan. Kemunculan gangguan ini dapat terjadi karena virus, salah satunya adalah virus influenza.

Yang perlu dilakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan meredakan gejalanya. Pada kondisi yang sudah parah, perlu pemberian alat bantu napas.

  • Asma

Alergen atau alergi udara merupakan penyebab paling umum munculnya asma. Ketika alergen masuk bronkiolus, sel pertahanan tubuh akan mengeluarkan zat. Hal ini dapat membuat jaringan otot halus menyempit sehingga dapat mencegah alergen masuk jauh lebih dalam. Namun, penyempitan inilah yang dapat menyebabkan munculnya sesak napas.

Itulah struktur, gangguan dan fungsi bronkiolus yang harus kamu ketahui. Supaya sistem pernapasan dapat bekerja dengan baik, pastikan untuk selalu menjaga paru-paru dari sesuatu yang beberahaya, salah satunya asap rokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.