Keren! Ini Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan yang Wajib kamu Tahu!

Bulan ramadhan selalu identik dengan buah kolang kaling. Tentunya banyak manfaat kolang kaling untuk kesehatan sehingga buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, apalagi untuk kamu yang memiliki radang sendi, osteoporosis, hingga masalah pencernaan.

Banyaknya manfaat kolang kaling tentunya tidak lepas dari nutrisi atau kandungan dalam buah tersebut. Nah, bagi kamu yang belum mengetahui nutrisi serta manfaat dari buah ini mari simak pembahasannya pada artikel kali ini!

Mengenal Kolang Kaling

Kolang kaling adalah salah satu jenis buah yang tumbuh berkelompok di pohon palem yang menjulang tinggi. Tanaman palem itu sendiri berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Buah kolang kaling memiliki kulit yang hitam dan daging buah berwarna putih dengan diameter empat hingga tujuh inchi.

Buah kolang kaling sama sekali tidak mengandung lemak. Jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, kamu dapat mengonsumsi buah ini langsung dengan kulitnya. Sebab lapisan berserat dan matang dapat kamu konsumsi secara mentah, atau dengan direbus dan dipanggang.

Kandungan Nutrisi Kolang Kaling

Ternyata kolang kaling memiliki kandungan atau nutrisi yang baik untuk dikonsumsi secara jangka panjang. Nah, untuk mengetahui kandungan nutrisi kolang kaling, simak ulasan berikut ini!

  1. Kalsium

Pada 100 gr kolang kaling mengandung sebanyak 91 mg kalsium. Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan menguatkan tulang. Namun tidak hanya tulang, bagian tubuh lainnya juga membutuhkan kalsium agar dapat berfungsi dengan baik seperti hati, otot, dan saraf.

Hal ini karena tubuh tidak dapat memproduksi kalsium sendiri. Sehingga penting sekali untuk mendapatkan pasokan kalsium dari makanan, minuman, bahkan suplemen.

  1. Serat

Buah kolang kaling mengandung serat pangan larut dan tidak larut. Serat dapat meningkatkan pencernaan karena membantu mendorong pergerakan makanan di usus. Sehingga kolang kaling baik dikonsumsi untuk mencegah sembelit atau menurunkan kolesterol. Selain itu, kolesterol juga dapat mengurangi risiko terkena kanker kolorektal.

  1. Zat besi

Zat besi dapat memberikan manfaat bagi tubuh seperti oksigen ke seluruh tubuh dan membawa karbon dioksida keluar dari darah, serta untuk mengatasi kelelahan dan anemia. Selain itu, kolang kaling juga mengandung gelatin cukup tinggi. 

Gelatin dapat membuat perut lebih mudah terisi dan mengurangi nafsu makan, sehingga cocok untuk orang yang sedang menjalankan program diet. Gelatin juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi.

  1. Fosfor

Kolang kaling mengandung 243 mg fosfor per 100 gram. Fosfor sangat baik untuk tubuh. Bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi, memproduksi RNA dan DNA, serta dapat memperbaiki dan memelihara sel dan jaringan tubuh. Selain itu, fosfor dibutuhkan untuk menggerakkan otot, menghasilkan energi, dan menyimpannya.

Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan

Selain lezat dan nikmat untuk disantap, kolang kaling mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Berikut 4 manfaat kolang kaling untuk kesehatan:

  1. Dapat melancarkan pencernaan

Salah satu kandungan kolang kaling yakni serat sangat bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh. Selain itu, karbohidrat juga dapat membuat kenyang dan memberi energi pada tubuh. Sehingga baik dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

  1. Untuk mengobati radang sendi

Karbohidrat yang terkandung dalam kolang kaling adalah galaktomannan. Kandungan ini menjadi salah satu bahan dalam pembuatan obat-obatan untuk penyakit radang sendi. Galaktomannan berfungsi untuk mengurangi atau meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit radang sendi.

  1. Dapat mendukung kesehatan tulang

Salah satu kandungan kolang kaling yakni kalsium, sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, khususnya mencegah osteoporosis. Penyakit osteoporosis disebabkan karena kurangnya asupan dari makanan yang mengandung kalsium. Sehingga dengan mengonsumsi kolang kaling dapat membantu tubuh untuk memenuhi asupan kalsium.

  1. Dapat mengatasi cacar dan biang keringat

Kolang kaling memberikan efek menenangkan dan dapat mengurangi rasa gatal. Sehingga buah ini dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi cacar dan biang keringat. Kamu dapat menggunakannya dengan cara mengoleskan lapisan tipis buah kolang kaling pada area yang terkena biang keringat. 

Itulah manfaat kolang kaling untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Setelah mengetahui manfaatnya, tentu kini  kamu bisa mengonsumsi buah ini tidak hanya pada saat bulan ramadhan saja. Namun, meskipun kolang kaling memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kamu harus tetap ingat untuk mengonsumsi buah ini secukupnya, karena mengonsumsi makanan sehat sekalipun akan membawa efek samping bila terlalu berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.