Kenapa Menstruasi Sedikit? Simak Penjelasannya di Sini!

Terkadang, wanita mengalami menstruasi yang sedikit. Kenapa menstruasi sedikit dan apa saja penyebabnya? Artikel ini akan membahas kenapa menstruasi sedikit dan beberapa hal yang perlu kamu ketahui informasinya. Simak sampai akhir, ya!

Penyebab Menstruasi Sedikit

Pada dasarnya, menstruasi yang lebih ringan (darah yang keluar tidak banyak) dari biasanya seringkali tidak perlu dikhawatirkan. Beberapa orang sering mengalami aliran menstruasi yang bervariasi dari bulan ke bulan. Bisa jadi, beberapa bulan hanya lebih ringan daripada bulan yang lain.

Hal yang sering membuat wanita bertanya-tanya adalah kenapa menstruasi sedikit dan apa penyebab yang melatarbelakanginya. Faktanya, setiap wanita mengalami menstruasi ringan dengan penyebab yang beragam. Namun, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi kenapa menstruasi sedikit. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebabnya.

1. Kurangnya Ovulasi

Terkadang, seseorang bisa mengalami aliran menstruasi yang sedikit dan tidak teratur karena tubuhnya tidak mengeluarkan sel telur. Kondisi ini dikenal sebagai anovulasi dan bisa menyebabkan menstruasi yang tidak teratur dan lebih sedikit.

2. Usia

Aliran menstruasi pada seseorang dapat bervariasi sepanjang hidupnya. Misalnya, ketika seseorang pertama kali mengalami menstruasi, alirannya biasanya lebih ringan dan hanya berupa bercak. Aliran tersebut dapat menjadi lebih teratur ketika seseorang berusia 20-30 tahun.

Akan tetapi, pada akhir usia 30-40 tahun-an, wanita mungkin mengalami aliran menstruasi yang lebih berat dan lebih pendek. Beberapa orang mungkin juga tidak mengalami menstruasi selama beberapa bulan.

3. Perubahan Berat Badan

Orang yang kekurangan berat badan atau kehilangan banyak berat badan dengan cepat mungkin dapat mengalami menstruasi yang lebih sedikit. Perubahan ini terjadi karena lemak di tubuh mereka terlalu rendah dan menghentikan ovulasi, sehingga menjadi penyebab umum kenapa menstruasi sedikit.

4. Kondisi Medis

Ada kondisi medis tertentu yang menjadi jawaban atas pertanyaan kenapa menstruasi sedikit. Kondisi medis tertentu yang bisa memengaruhi hormon seseorang juga dapat memengaruhi siklus menstruasi. Beberapa kondisi tersebut dapat berupa disfungsi tiroid, PCOS, perimenopause, dan lain sebagainya.

5.Gejala

Setelah mengetahui kenapa menstruasi sedikit, kamu mungkin ingin mengetahui apa saja gejala menstruasi sedikit pada seseorang. Ada beberapa gejala umum yang dialami seseorang yang mengalami menstruasi sedikit.

Beberapa gejalanya adalah menstruasi dengan durasi yang lebih pendek dari biasanya, lebih jarang mengganti pembalut dari biasanya, dan tidak ada aliran deras yang biasa untuk 1-2 hari pertama menstruasi.

Selain itu, wanita yang mengalami menstruasi sedikit mungkin juga mengalami pendarahan yang menyerupai bercak selama beberapa hari alih-alih aliran menstruasi yang stabil. Wanita mungkin juga tidak terlalu mengalami gejala sindrom pramenstruasi, seperti nyeri punggung, kram rahim, dan lain-lain.

Cara Mengobati Menstruasi

Menstruasi yang ringan atau sedikit mungkin bisa disebabkan oleh salah satu faktor di atas. Kondisi ini mungkin bisa terjadi sekali atau beberapa kali dalam siklus menstruasi seseorang. Jika menstruasi sedikit tersebut terus berlanjut dan kamu mengalami gejala yang mengganggu, maka kamu perlu untuk segera mengunjungi dokter.

Dokter akan mendiskusikan kemungkinan penyebab utama kenapa menstruasi sedikit. Kamu mungkin juga akan dianalisis dan diuji dengan teknik kesehatan tertentu untuk menentukan rencana perawatan yang tepat.

Sama seperti dengan kondisi kesehatan lainnya, kamu perlu untuk memeriksakan diri dan mengkonsultasikan kondisi-kondisi khusus kepada dokter dan ahli kesehatan. Dalam hal menstruasi yang sedikit kamu perlu untuk mengkonsultasikan kepada dokter agar mengetahui penyebab pasti kenapa menstruasi sedikit dan menjalani perawatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.