Kenali Fungsi Tulang Pergelangan Tangan Manusia

Pergelangan tangan memiliki peran penting dalam melakukan berbagai aktivitas. Pada pergelangan tangan terdapat tulang dan otot yang dapat membuatmu bergerak secara leluasa.  Lalu, apa fungsi tulang pergelangan tangan manusia dan bagaimana struktur tulang pergelangan tangan? Berikut ulasan lengkapnya.

Struktur Tulang Pergerakan Tangan

Pergelangan tangan terdiri dari 8 tulang berukuran kecil yang disebut tulang karpal. Tulang-tulang ini kemudian dihubungkan dengan tulang-tulang panjang pada lengan bawah, yaitu tulang radius dan tulang ulna.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai 8 tulang karpal:

1.Tulang scaphoid

Tulang ini berbentuk seperti kapal berukuran panjang yang terletak di bagian bawah ibu jari. Fungsi tulang ini adalah menjaga stabilitas dan dan pergerakan pergelangan tangan

2. Tulang lunatum

Tulang lunatum memiliki bentuk seperti bulan sabit dan terletak di samping tulang scaphoid. Tulang ini berfungsi membentuk permukaan distal artikular pada sendi radiocarpal bersama tulang scaphoid dan triquentrum.

3. Tulang triquetrum

Tulang ini berbentuk segitiga mirip piramida yang terletak di bagian bawah bawah tulang hamatum. Pada barisan proksimal dalam tulang karpal, triquetrum berada di bagian tengah. Tulang triquetrum memiliki fungsi sama seperti tulang lunatum.

4. Tulang pisiform

Tulang ini juga terletak di barisan proksimal pada pergelangan tangan. Tulang ini juga bisa disebut sebagai tulang sesamoid yang berada di tendon fleksor karpi ulnaris.

5.Tulang trapezium

Tulang ini termasuk dalam barisan distal dan terletak di antara tulang scaphoid dan metakarpal I. tulang ini berbatasan dengan metakarpal ibu jari dan jari telunjuk. Sedangkan di bagian tengah tulang ini berdekatan dengan tulang trapezoid dan di bagian bawah dengan tulang scaphoid.

6.Tulang trapezoid

Tulang ini berukuran paling kecil dan terletak antara tulang trapezium dan tulang capitate. Tulang trapezoid dikenal sebagai multangular bersama dengan tulang trapezium.

7.Tulang kapitatum

Kapitatum merupakan tulang yang paling besar dan terletak di tengah barisan distal serta berbentuk seperti kepala. Karena posisinya di bagian tengah membuat tulang ini hampir tidak mungkin mengalami fraktur atau patah.

8.Tulang hamatum

Tulang ini terletak di bagian bawah tulang jari kelingking. Tulang hamatum memiliki fungsi membentuk sendi pergelangan tangan seperti tulang yang lainnya.

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Tulang pergelangan tangan termasuk dalam sendi geser, yaitu sendi yang paling sering digunakan manusia. Berikut adalah fungsi tulang pergelangan tangan yang harus kamu ketahui:

  1. Membantu pergerakan pergelangan tangan

Tulang pergelangan tangan membuat kamu dapat leluasa menggerakkan pergelangan tangan dalam aktivitas sehari-hari. tulang-tulang pada pergelangan tangan memudahkanmu menggerakkannya ke berbagai arah secara fleksibel. Oleh karena itu, sangat penting menjaga tulang pergelangan tangan supaya tidak cidera.

2. Membantu pergerakan jari

Selain menggerakkan pergelangan tangan secara fleksibel, fungsi tulang pergelangan tangan selanjutnya adalah membantu pergerakan jari-jari tangan. Dengan adanya tulang pergelangan tangan, jari-jari kamu dapat bergerak lebih lentur dalam melakukan bebagai aktivitas.

3.Penghubung tulang lengan bawah dengan tulang jari

Tulang karpal pergelangan tangan terletak di antara tulang lengan bawah, yaitu tulang radius dan tulang ulna dengan tulang pada jari-jari tangan. Jadi tulang pergelangan tangan berfungsi sebagia penghubung antara tulang lengan bawah dengan tulang jari tangan.

4.Tempat melekatnya jaringan tubuh pada tangan

Fungsi selanjutnya adakah sebagai tempat melekatnya jaringan halus pada pergelangan tangan. Tulang karpal membentuk persendian pergelangan tangan, dimana bebera jaringan halus, seperti ligament, otot dan tendon melekat pada tulang-tulang ini.

Jaringan-jaringan tersebut melekat pada tulang karpal yang menyatu pada persendian pergelangan tangan dan membantu pergerakan tangan sehingga menjadi lebih flesibel.

Itulah informasi mengenai struktur dan fungsi tulang pergelangan tangan yang harus kamu ketahui. Karena pergelangan tangan memiliki peran penting dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sangat penting untuk menjaga supaya tulang tetap sehat dan terhindar dari cidera.

Leave a Reply

Your email address will not be published.