Apa Saja Fungsi Nukleus dan Bagian-bagiannya?

Salah satu bagian penting dalam sel tubuh manusia adalah nukleus. Fungsi nukleus sangat vital sehingga sering kali disamakan seperti otak yang mampu mengontrol seluruh aktivitas tubuh. Hanya bedanya, nukleus mengontrol sel.

Apakah kamu ingin tahu lebih lanjut tentang fungsi nukleus? Jika iya, kamu bisa membaca artikel ini. Bukan hanya fungsinya saja, kamu juga bisa mengetahui bagian-bagian nukleus melalui artikel ini, lho. Silakan membaca!

Apa Itu Nukleus?

Nukleus dikenal juga dengan sebutan inti sel. Nukleus merupakan organ terbesar dalam sel yang ada di setiap sel tubuh manusia, kecuali sel darah merah dan beberapa sel lainnya.

Nukleus adalah salah satu bagian sel yang memiliki fungsi paling vital atau paling penting. Nukleus berperan dalam pembelahan sel, replikasi DNA, transkripsi, hingga metabolisme sel. Saking pentingnya, sekitar 25 persen volume sel diisi oleh nukleus.

Fungsi Nukleus

Nukleus adalah bagian sel yang sangat vital. Fungsinya mirip seperti otak yang menjadi pusat informasi dan kendali aktivitas tubuh. Jika otak mengontrol tubuh, maka nukleus mengontrol sel.

Fungsi nukleus adalah sebagai berikut:

  • Mengontrol pertumbuhan dan pembelahan sel.
  • Memproduksi ribosom.
  • Tempat DNA melakukan replikasi.
  • Tempat terjadinya transkripsi atau pembentukan RNA.
  • Mengendalikan metabolisme sel dengan melakukan sintesis berbagai enzim. Metabolisme sel bisa terjadi karena adanya proses yang menghasilkan protein.
  • Menyimpan informasi genetik dalam bentuk DNA. Hal ini memungkinkan karena membran inti pada nukleus bisa mempertahankan DNA yang terdapat di dalamnya.

Bagian-bagian Nukleus

Nukleus bisa melakukan fungsi nukleus berkat banyak bagian-bagian yang bermanfaat di dalamnya. Bagian-bagian nukleus tersebut adalah:

1.Membran Inti

Nukleus dibungkus oleh selaput yang disebut dengan membran inti. Bagian sel ini memiliki pori-pori atau celah kecil sebagai tempat molekul keluar masuk.

Tak hanya menjadi tempat keluar masuk molekul, membran inti juga berfungsi sebagai pelindung nukleus dan pemisah inti sel dengan sitoplasma.

Membran inti terdiri atas tiga bagian, yaitu:

  • Membran dalam, yaitu bagian membran inti paling dalam.
  • Membran luar, yaitu bagian membran yang berhubungan langsung pada retikulum endoplasma kasar.
  • Ruang perinuklear, yaitu ruangan yang terletak di antara membran dalam dan membran luar.

2.Nukleolus

Nukleolus adalah bagian dalam nukleus yang sering disebut dengan anak inti. Nukleolus memiliki bentuk padat, bulat, dan berwarna gelap. Bagian nukleus yang satu ini tidak memiliki membran atau selaput pelindung di bagian luar.

Nukleolus terdiri atas DNA, orthosfatm, phosphoprotein, dan beberapa enzim. Bagian nukleus ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam produksi ribosom. Ribosom itu sendiri berguna sebagai tempat pembentukan protein dalam sel.

  1. Nukleoplasma

Nukleoplasma adalah cairan kental dan transparan dalam nukleus yang terdiri atas protein, air, ion, enzim, dan asam inti. Selain itu, nukleoplasma juga memiliki kromatin atau benang-benang yang bisa menyerap warna. Fungsi kromatin sangat penting dalam pembelahan sel.

Nukleoplasma berperan dalam tempat pengolahan enzim. Selain itu, nukleoplasma juga memiliki karioplasma yang mampu menjaga bentuk dan struktur nukleus.

  1. Kromosom

Kromosom merupakan benang halus yang terdapat di nukleus. Kromosom berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi genetik karena kromosom berisi kumpulan DNA.

DNA pada kromosom dikombinasikan dengan protein agar dapat berfungsi dengan baik. Istilah untuk kombinasi DNA dengan protein tersebut adalah kromatin.

Nah, itulah dia beragam fungsi nukleus yang tentunya tidak boleh ketinggalan untuk kamu ketahui. Ini karena nukleus memiliki peran yang sangat penting, mulai dari replikasi DNA, transkripsi, hingga mengontrol pembelahan dan metabolisme sel.

Bukan hanya fungsi-fungsi nukleus saja yang kamu pelajari melalui artikel di atas. Ada pula bagian-bagian nukleus yang terdiri atas membran inti, nukleolus, nukleoplasma, dan kromosom.

Leave a Reply

Your email address will not be published.